Kurniawan
Kurniawan
UI/UX Designer Photographer Mobile Developer Web Developer Web Design
Kurniawan

Blog

Data Internet Boros ? Ini Solusi Agar Data Internet Anda Tidak Boros

Data Internet Boros ? Ini Solusi Agar Data Internet Anda Tidak Boros

Banyak di antara kamu yang selalu ingin update mengenai berita atau pun sesuatu yang viral di media sosial. Memang, semakin berkembangnya sebuah teknologi dan juga internet memudahkan siapa pun untuk mengakses internet.

Berselancar di dunia maya pun dapat dikatakan sebagai kebutuhan semua orang. Beragam kemudahan pun ditawarkan melalui jaringan internet, mulai dari hiburan, berbagai foto dan video, informasi serta berbelanja pun dapat dilakukan pada ponsel yang kamu miliki.

Akan tetapi semakin banyak yang kamu akses melalui ponsel, tentu saja akan semakin banyak stok data ataupun kuota yang dibutuhkan.

Nah... pada pembahasan kali ini, akan kita bahas bagaimana agar stok data atau kuota data internet Anda tidak boros atau bagaimana Anda dapat membatasi penggunaannya dengan mengikuti beberapa tips ini!

Gunakan mode offline

Cara menghemat kuota yang pertama ialah gunakan mode offline. Jika kamu biasa menggunakan aplikasi secara online, kamu bisa mengubahnya secara offline untuk penggunaannya.

Beberapa aplikasi pun dapat kamu gunakan secara offline untuk menghemat kuota. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan secara offline ialah Youtube serta Google Maps.

Kedua aplikasi dari Google ini bisa kamu alihkan menjadi mode offline sehingga kamu tidak akan boros kuota. Selain itu jika kamu juga bisa menonton ataupun berpergian ke suatu tempat meskipun tak ada sinyal.

Selain itu, ada juga fitur aplikasi layanan streaming music yang bisa kamu ubah pula menjadi offline. Memang menggunakan offline pada streaming music ini kamu harus mendownload terlebih dahulu.

Namun hal ini tentu saja lebih efektif daripada kamu selalu streaming musik menggunakan koneksi internet.

Matikan koneksi internet saat tak dibutuhkan

Cara menghemat kuota yang cukup efektif ialah kamu hanya perlu menon-aktifkan koneksi internet apabila kamu tak menggunakannya.

Kamu bisa menonaktifkan koneksi internet saat kamu sedang tertidur agar lebih berhemat. Apabila kampus atau kantor kamu menggunakan wifi, kamu juga bisa memanfaatkan wifi tersebut.

Akan tetapi apabila sudah berada di luar area yang terkena wifi ini, pastikan untuk menonaktifkan penangkap sinyal wifi yang ada di smartphone kamu ya.

Karena jika kamu tetap mengaktifkan penangkap sinyal wifi ini dan berada pada kondisi sinyal yang buruk, maka kuota kamu akan tersedot banyak, hal ini juga pasti membuat pemborosan kuota.

Jadi bila sinyal wifi yang ada pada ponsel kamu terlihat melemah, sebaiknya kamu metikan terlebih dahulu koneksi penangkap wifi ini.

Atur notifikasi peringatan penggunaan data

Cara menghemat kuota selanjutnya iala kamu bisa mengaktifkan peringatan penggunaan data pada ponsel kamu. Namun sebelumnya kamu harus mengatur terlebih dahulu batas penggunaan data di ponsel kamu.

Seberapa data yang akan kamu gunakan, serta berapa lama batasan tersebut pun dapat kamu atur sendiri pada pengaturan ponsel.

Nonaktifkan auto-download

Selanjutnya kamu bisa me-nonaktifkan auto download pada aplikasi yang ada pada ponsel kamu. Tentu saja ini sangat menghemat kuota kamu, karena kamu tak perlu melakukan update aplikasi di waktu yang bersamaan dalam jumlah banyak.

Semakin banyak pembaharuan aplikasi yang kamu lakukan, maka semakin banyak pula kuota yang tersedot untuk melakukan pembaharuan tersebut.

Namun kamu jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan pembaharuan pada aplikasi kamu apabila berada pada lingkungan yang memiliki wifi.

Hal ini pun dapat kamu atur sendiri yaitu dengan masuk dalam Play Store kemudian pilih menu setting. Setelah itu kamu pilih Auto update apps kemudian pilih auto update apps over WiFi Only.

Maka aplikasi-aplikasi yang membutuhkan update ini akan melakukan pembaharuan dengan sendirinya apabila berada di area wifi dan kamu mengaktifkan penangkap wifi.

Identifikasi dan batasi aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang tentu saja mampu untuk menyedot kuota lebih banyak dari aplikasi lainnya. Dalam hal ini kamu perlu mengidentifikasi dan melihat aplikasi apa saja yang termasuk didalamnya.

Maka cara menghemat kuota yang bisa kamu lakukan ialah dengan menguninstall aplikasi-aplikasi yang banyak menyedot kuota.

Kamu juga bisa mengganti beberapa aplikasi tersebut dengan aplikasi yang lebih hemat kuota ataupun meminimalkan penggunaan aplikasi tersebut.

Dan dengan penggunakan kuota yang berlebih tentu saja akan membuat kamu boros dalam pengeluaran. Dan apabila kamu menghemat penggunaan kuota, maka kamu akan lebih bisa berhemat untuk pengeluaran.

Apalagi bagi kamu anak kos yang harus pintar untuk mengatur segala pengeluaran yang ada.

Jangan buka aplikasi sosial media bersamaan

Beberapa orang yang maniak sosmed ialah kalian mengaktifkan semua aplikasi di waktu yang bersamaan bahkan semua diaktifkan 24jam. Matikan push notification dari aplikasi yang sebenarnya jarang Anda pakai. Identifikasi juga aplikasi yang banyak menyedot data, agar Anda tahu mana yang boleh terus aktif dan mana yang harus dinyala-matikan sewaktu-waktu.

Demikianlah beberapa tips yang mungkin dapat membantu agar stok data ataupun kuota yang dibutuhkan tidak boros dan terimakasih atas kunjungan Anda pada web saya ini